Total Tayangan Halaman

Kamis, 04 November 2010

Software Freedom, yang mendukung hak asasi manusia Anda


DEVCOMP KOMPUTER
Software Freedom, yang mendukung hak asasi manusia Anda

oleh Pia Waugh, President of SFI - 2007 || Spanish oleh Pia Waugh, Presiden SFI - 2007 | | Spanyol

In a time when our lives are increasingly dependent on technologies, it is Dalam suatu waktu ketika kehidupan kita semakin tergantung pada teknologi, maka important we take the time to consider the impact of technology on our penting kita ambil waktu untuk mempertimbangkan dampak teknologi pada kami lives, and the importance of ensuring technology isn't used to limit us, but kehidupan, dan pentingnya teknologi untuk memastikan tidak digunakan untuk membatasi kita, tetapi rather to take us further along a path of opportunity, innovation and agak untuk membawa kami lebih jauh sepanjang jalan kesempatan, inovasi dan freedom for all people. kebebasan untuk semua orang.

The United Nations Universal Declaration of Human Rights [1] is a set of Perserikatan Bangsa-Bangsa Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia [1] adalah satu set basic human rights that most people would agree would be a bare minimum. hak asasi manusia bahwa kebanyakan orang akan setuju akan menjadi minimal. Not Tidak often are our basic rights thought of in the context of technology, but as sering kita memikirkan hak-hak dasar dalam konteks teknologi, tetapi sebagai more and more our lives are dependent on technology, it is a rapidly growing semakin banyak hidup kita tergantung pada teknologi, ini adalah tumbuh dengan cepat concern. keprihatinan. Technologies that matter to our freedom are used in our voting Teknologi yang penting bagi kebebasan kita digunakan dalam pemungutan suara systems, our leisure, our work, education, art and our communication. sistem, waktu luang kita, pekerjaan kita, pendidikan, seni dan komunikasi kami. What Apa does this mean to you? artinya bagi Anda? It means that the basic human freedoms you take for Ini berarti bahwa kebebasan manusia dasar Anda ambil untuk granted are only as free as the technologies you use. hanya diberikan sebebas teknologi yang Anda gunakan.

Transparent and sustainable technologies are vital to ensuring we can Transparan dan teknologi berkelanjutan sangat penting untuk memastikan kita dapat protect our freedoms. melindungi kebebasan kita. Think about e-Government systems such as electronic Pikirkan tentang e-Government seperti elektronik sistem voting. pemungutan suara. When the systems running our voting is proprietary or closed, it Ketika sistem yang menjalankan pemungutan suara kita adalah berpemilik atau tertutup, itu means that we can't be sure what the software actually does, so how can we berarti bahwa kita tidak bisa memastikan apa sebenarnya perangkat lunak, jadi bagaimana dapat kita trust the results? percaya hasilnya? The issues with the Diebold [2] voting systems in the US Masalah-masalah dengan Diebold [2] sistem pemungutan suara di Amerika Serikat is testament [3] to the need for transparent systems that are trustworthy. merupakan bukti [3] untuk kebutuhan sistem transparan yang dapat dipercaya. Think about other software you use everyday that is proprietary and apply Pikirkan tentang perangkat lunak lain yang Anda gunakan sehari-hari yang berpemilik dan menerapkan the fact that you can't be sure what it is actually doing! fakta bahwa Anda tidak bisa yakin apa itu benar-benar melakukannya! Does your email Apakah email system send copies of your mail to a third party? sistem mengirim salinan e-mail anda kepada pihak ketiga? Is your web browser, Apakah browser web, logging and automatically sending your browse history to someone? liar dan secara otomatis mengirim riwayat browsing Anda kepada seseorang? The most Paling interesting case recently was when Sony purposely added spyware [4] to their kasus yang menarik baru-baru ini ketika Sony sengaja ditambahkan spyware [4] untuk mereka music CDs that silently and automatically installed itself onto Microsoft CD musik yang diam-diam dan secara otomatis terinstal sendiri ke Microsoft Windows systems to search for piracy breaches. Sistem Windows untuk mencari pelanggaran pembajakan. This behaviour has spawned a Perilaku ini telah mencetuskan whole new wave of viruses and is a gross breach of privacy. gelombang baru virus dan merupakan pelanggaran berat privasi.

So what do I mean by transparent? Jadi apa yang saya maksud dengan transparan? Well some software gives you access to the Yah beberapa perangkat lunak memberikan Anda akses ke source code, such as Free and Open Source Software (FOSS) which ensures that kode sumber, seperti Bebas dan Open Source Software (FOSS) yang menjamin bahwa you can know (or get checked) what exactly a piece of software will do. Anda dapat mengetahui (atau mendapatkan dicentang) apa sebenarnya sebuah software yang akan dilakukan. It Ini avoids nasty surprises, spyware, result rigging and all kinds of issues that menghindari kejutan, spyware, hasil kecurangan dan segala macam isu yang we can't be absolutely sure to avoid in closed software. kita tidak bisa benar-benar yakin untuk menghindari dalam perangkat lunak tertutup. Proprietary Proprietary software keeps the source code locked away from public scrutiny which means terus perangkat lunak kode sumber terkunci jauh dari publik yang berarti that there is no way to know exactly what the software actually does, and no bahwa tidak ada cara untuk tahu persis apa yang sebenarnya perangkat lunak, dan tidak ada way to trust it to safeguard your human rights. cara untuk kepercayaan itu untuk menjaga hak asasi manusia Anda. Transparent technologies are Transparan teknologi about ensuring you can trust the results and operation of your technology. tentang memastikan bahwa Anda dapat mempercayai hasil dan pengoperasian teknologi Anda.

Sustainable technologies are also important, and the best example of the Teknologi berkelanjutan juga penting, dan contoh terbaik dari issue is proprietary data formats. Masalahnya adalah format data eksklusif. Why should the generations of today not Mengapa generasi saat ini tidak have access to the love letters, essays and poems of their youth? memiliki akses ke surat cinta, esai, dan puisi masa muda mereka? With many Banyak applications using proprietary data formats, we can't access the information aplikasi yang menggunakan format data eksklusif, kami tidak dapat mengakses informasi in other programs or even future versions of the same program. program lain atau bahkan versi program yang sama. When data is Ketika data stored in data formats based on open standards [5], there is the ability for disimpan dalam format data yang didasarkan pada standar terbuka [5], ada kemampuan untuk people everywhere to easily use and implement the standard and have your orang di mana-mana dengan mudah menggunakan dan menerapkan standar dan memiliki data accessible by more applications well into the future. data yang dapat diakses oleh aplikasi yang lebih baik ke masa depan. Sustainable Berkelanjutan technologies are about ensuring access to knowledge forever. teknologi adalah tentang menjamin akses ke pengetahuan selamanya.

As more and more of the worlds population starts using technology, getting Karena lebih banyak dan lebih dari penduduk dunia mulai menggunakan teknologi, semakin online, and developing the next major life changing event of the future online, dan mengembangkan kehidupan utama berikutnya peristiwa mengubah masa depan (such as the internet was for many of us), ensuring open, transparent and (seperti internet bagi banyak dari kita), memastikan terbuka, transparan dan sustainable approaches are considered best practice is important. pendekatan yang berkelanjutan dianggap sebagai praktik terbaik adalah penting. Important Penting to a future where technology empowers everyone equally, where knowledge is untuk suatu masa depan dimana semua orang sama-sama memberdayakan teknologi, di mana pengetahuan adalah forever, and where our basic human freedoms are strengthened by technology, selamanya, dan di mana kebebasan manusia dasar kita diperkuat oleh teknologi, not hampered. tidak terhambat.

Software Freedom Day is a global celebration and education of why Software Freedom Day adalah perayaan global dan pendidikan tentang mengapa transparent and sustainable technologies are now more important than ever. transparan dan berkelanjutan teknologi sekarang lebih penting daripada sebelumnya. With over 200 teams in 60 countries participating, it is a fantastic event Dengan lebih dari 200 tim di 60 negara yang berpartisipasi, itu adalah peristiwa fantastis to get your schools and communities involved in. Go along to your local event untuk mendapatkan sekolah dan masyarakat yang terlibat masuk Pergi bersama ke acara lokal or start your own event and meet a wide range of people, all working atau mulai acara Anda sendiri dan bertemu dengan berbagai orang, semuanya bekerja together to help ensure our freedoms are maintained by the technologies of bersama-sama untuk membantu memastikan kebebasan kita dipelihara oleh teknologi tomorrow. besok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar